AGROWIRA

Loading

Manfaat Pupuk Organik Bagi Lahan Pertanian

Pupuk Organik Tidak Hanya Menyuburkan Tanah Melalui Zat Hara, Tetapi Meningkatkan Aktivitas Organisme Tanah Untuk Sintesa Unsur Hara dan Pengikatan Emisi Karbon

Manfaat Pupuk Organik Bagi Lahan Pertanian

Sobat Agrowira, sejak mula munculnya aktivitas pertanian sampai tahun 1850, pupuk organik umumnya digunakan untuk menyuburkan tanah pertanian. Selain menambah unsur hara makro dan mikro di dalam tanah, pupuk organik juga terbukti sangat baik dalam memperbaiki struktur tanah pertanian.

Kelebihan pupuk organik diantaranya adalah:

Memperbaiki Struktur Tanah

Hal ini terjadi karena organisme tanah saat penguraian bahan organik dalam pupuk bersifat sebagai perekat dan dapat mengikat butir-butir tanah menjadi butiran yang lebih besar.

Menaikkan Daya Serap Tanah Terhadap Air

Bahan organik memiliki daya serap yang besar terhadap air tanah. Itulah sebabnya pupuk organik sering berpengaruh positif terhadap hasil tanaman, terutama pada musim kering.

Menaikkan Kondisi Kehidupan di Dalam Tanah

Hal ini terutama disebabkan oleh organisme dalam tanah yang memanfaatkan bahan organik sebagai makanan. Oleh karena itu, pupuk organik seperti pupuk kandang yang diberikan pada tanah harus diuraikan terlebih dahulu oleh jasad renik melalui proses pembusukan atau peragian sebelum diserap oleh akar tanaman. Dari proses pembusukan ini, jasad renik memperoleh makanan dan sumber tenaga. Semakin banyak pupuk organik yang diberikan maka semakin banyak pula jasad renik dalam tanah.

Sebagai Sumber Zat Makanan Bagi Tanaman

Pupuk organik mengandung zat makanan yang lengkap meskipun kadarnya tidak setinggi pupuk anorganik. Namun cara kerjanya agak lambat dibandingkan pupuk anorganik. Oleh karena itu, untuk mencapai hasil maksimal, pemakaian pupuk organik hendaknya diimbangi dengan pupuk anorganik agar keduanya saling melengkapi. Dengan demikian akan tercipta tanah pertanian yang kaya zat hara, strukturnya gembur atau remah dan berwarna cokelat kehitaman.

Compost Under The Microscope

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights