AGROWIRA

Loading

Jenis Varietas Mangga Komersial Indonesia Pekebun Mau Tanam Yang Mana?

Buah Mangga yang Masak Mengandung Banyak Vitamin dan Serat Bergizi

Jenis Varietas Mangga Komersial Indonesia Pekebun Mau Tanam Yang Mana?

Sobat Agrowira, tanaman Mangga adalah salah satu buah favorit pekebun Indonesia yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Tanaman dari genus Mangifera ini terdiri dari sekitar 62 spesies, namun hanya beberapa saja yang terkenal dibudidayakan oleh Petani Indonesia karena kualitas dan kuantitas produksi panennya.

Spesies Mangga yang Enak Dimakan

Dari 62 spesies genus Mangifera hanya 16 spesies yang buahnya enak dimakan dan tersebar di seluruh dunia. Di Indonesia, hanya terdapat beberapa spesies varietas yang umum dibudidayakan karena sudah terkenal bagus mutunya, diantaranya sebagai berikut:

Mangga Golek

Penamaan mangga golek berasal dari bahasa Jawa yang artinya mencari. Penamaan jenis mangga ini dikarenakan setelah menikmati rasanya orang akan mencari lagi buah mangga yang baru saja dimakan tersebut.

Tanaman Mangga Golek memiliki ciri-ciri tanaman tidak begitu besar dan memiliki tinggi sekitar 9 meter. Tajuk pohonnya membulat dengan daun berbentuk lonjong dan pangkal daun agak runcing serta ujungnya seperti mata tombak. Panjang daun mangga golek sekitar 24 cm dan lebar 6 cm dengan jumlah tulang daun 24 pasang. Tepi daunnya sedikit bergelombang.

Bunga mangga golek merupakan bunga majemuk berbentuk seperti kerucut dengan panjang bunga 30 – 35 cm. Warna bunganya kuning bertangkai hijau muda. Mangga golek akan berbunga pada bulan Juli – Agustus dan dapat dipanen pada kisaran bulan September – November. Buahnya yang masih muda berwarna hijau muda dan setelah masak kulit pangkal sampai ke bagian tengahnya berubah warna menjadi kuning, sedangkan bagian tengah sampai pucuk menjadi kuning kehijauan dengan bagian pucuk lebih hijau.

Buah Mangga Golek
Buah Mangga Golek

Buah Mangga Golek berujung runcing dengan berat per buah bisa mencapai 500g dan panjang buahnya sekitar 17 cm. Kulitnya berselaput lilin tipis serta halus. Pada permukaan kulit buah terdapat bintik bintik kelenjar berwarba putih kehijauan yang akan berubah menjadi putih cokelat tua setelah masak. Daging buahnya tebal, lunak, berwarna kuning tua, tidak berserat, tidak berair sehingga jika diiris tidak banyam mengeluarkan air, aromanya cukup harum serta memiliki rasa manis. Bijinya berserat pendek serta berbentuk pipih memanjang dengan panjang sekitar 14 cm.

Mangga Arum Manis

Dinamakan Arum Manis karena buahnya berbau harum dan rasanya manis. Pohon mangga varietas ini tidak begitu besar dengan tinggi sekitar 9 meter dan berdaun lebat. Tanaman ini akan berbunga pada bulan Juli – Agustus dan bisa dipanen sekitar bulan September – November.

Buah yang sudah ranum berkulit hijau tua tertutup lapisan lilin sehingga warnya seperti hijau kelabu. Buah yang sudah masak, pangkalnya berwarna hijau kekuningan dengan ketebalan kulit sedang. Pada permukaan kulit terdapat bintik-bintik kelenjar berwarna putih kehijauan.

Buah Mangga Arum Manis
Buah Mangga Arum Manis

Bobot buahnya rata-rata bisa mencapai 450g per buah dengan bentuk buah bulat panjang sekitar 15 cm. Pada ujung buahnya membentuk paruh dan sinus (lekukan) yang terlihat jelas. Daging buahnya tebal dan lunak, berwarna kuning dan tidak berserat. Buah mangga arum manis tidak terlalu berair dengan biji pipih.

Mangga Manalagi

Jangan heran bila ketagihan dan meminta lagi saat memakan buah mangga manalagi, karena sesuai penamaannya rasanya seperti perpaduan antara rasa mangga golek dan arum manis.

Pohon mangga manalagi tidak begitu besar yaitu sekitar 8 meter dengan tajuk pohon bulat dan diameter tajuknya sekitar 12 meter. Varietas ini juga berbunga pada bulan Juli – Agustus dan dapat dipanen pada bulan September – November. Buah yang sudah tua memiliki kulit berwarna hijau kelabu dan tertutup lapisan lilin. Saat masak, pangkal buahnya akan berwarna kuning tetapi ujungnya masih hijau. Kulit buahnya tebal dengan permukaan berbintik-bintik berupa kelenjar keputihan yang bagian tengahnya akan berubah warna menjadi coklat setelah masak.

Buah Mangga Manalagi
Buah Mangga Manalagi

Bobot buah mangga manalagi bisa mencapai 500g per buah dengan panjang buahnya sekitar 16 cm. Daging buahnya tebal, tidak begitu berair, seratnya sangat halus serta berwarna kuning dan lunak. Rasanya manis, lezat, segar dan beraroma harum.

Buah yang sudah tua, walaupun belum masak rasanya sudah enak dan manis. Oleh sebab itu buah mangga manalagi bisa dipanen dalam kondisi masih keras tetapi ketika daging buahnya sudah terlihat menguning (pre-mature).

Jenis Mangga Komersial Lainnya

Selain ketiga jenis varieatas diatas, juga terdapat beberapa varietas yang lazim ditanam namun kurang umum ditemui dipasaran Indonesia yaitu sebagai berikut:

Nah Sobat Agrowira kira-kira mau tanam yang mana nih?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights